Soal AKM

 Untuk menjawab soal AKM kelas 11 nomor 1-3, simak gambar di bawah ini!

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak begitu luas jika dibandingkan dengan provinsi yang mengelilinginya. Provinsi ini terdiri atas lima kabupaten/kota, yakni Kulon Progo, Bantul, Gunung Kidul, dan Kota Yogyakarta. Meski tidak luas, DIY tidak pernah sepi dari wisatawan. Taman Pintar merupakan salah satu titik favorit wisatawan, terutama pelajar. Berikut tabel jumlah penduduk DIY berdasarkan sensus 2010.

Jumlah Penduduk DIY

Jumlah Penduduk DIY. foto/SIAK Konsolidasi Pusat Kemdagri Semester II 2013 Biro Tapem

1. Pada 2010, dilakukan penerimaan untuk menjadi pemandu Pada waktu yang telah dijadwalkan, seseorang asal DIY mengajukan lamaran dan sudah menginjak tahap wawancara. Setelah mencermati data, panitia menyimpulkan bahwa pelamar tersebut kemungkinan besar perempuan dan berdomisili di Sleman. Benarkah? Jelaskan!

Jawaban:

Benar karena penduduk perempuan di Sleman paling banyak dibanding daerah lain.

2. Berdasarkan informasi di nomor 1, mana pernyataan yang benar dari beberapa opsi di bawah?

A. Jika pelamar tersebut berdomisili di Bantul, pada tingkat ketelitian tertentu, peluang dia adalah laki-laki atau perempuan sama besar.

B. Peluang pelamar tersebut mahasiswa perempuan di Kota Yogyakarta lebih besar karena persentase perempuan di daerah tersebut lebih besar.

C. Kemungkinan pelamar tersebut laki-laki dan berdomisili di Gunung Kidul paling besar karena luas daerahnya paling besar, yakni 46,63 persen.

D. Peluang pelamar tersebut laki-laki dan berdomisili di Kota Yogyakarta paling kecil karena persentase penduduk kota paling kecil.

Jawaban:

A. Benar

B. Salah

C. Salah

D. Benar

3. Pada saat wawancara berlangsung, di luar ruang terdapat tiga orang pelamar lain. Semuanya dipanggil masuk satu per satu. Pelamar yang telah diwawancara segera keluar dari ruang tersebut. Manakah peluang yang benar?

A. Peluang pelamar pertama dipanggil masuk adalah 1/4

B. Peluang pelamar kedua untuk dipanggil masuk adalah 2/3

C. Peluang pelamar pertama untuk masuk adalah 1/3

D. Peluang pelamar terakhir untuk dipanggil masuk adalah 1.

Jawaban: C

Numerasi

 

4. Pemahaman Konsep

Contoh Soal AKM Numerasi dan Literasi di Asesmen Nasional 2022 - Soal Pemahaman Konsep

(Sumber: dok. Kemendikbud)

 

5. Sampah anorganik lebih lama terurai dibandingkan dengan sampah organik. Waktu dekomposisi popok sekali pakai lebih lama dari plastik, namun kurang dari kulit sintetis. Berapa waktu dekomposisi yang mungkin dari popok sekali pakai?

  1. 100 tahun
  2. 250 tahun
  3. 375 tahun
  4. 475 tahun
  5. 575 tahun

 

 

 

Jawaban:

Perhatikan data pada diagram batang di atas!

  • Waktu dekomposisi sampah plastik adalah 400 tahun. Jika diketahui waktu dekomposisi popok sekali pakai lebih lama dari plastik, maka waktu dekomposisi popok akan lebih dari 400 tahun.
  • Waktu dekomposisi sampah kulit sintetis adalah 500 tahun. Jika diketahui waktu dekomposisi popok sekali pakai kurang dari kulit sintetis, maka waktu dekomposisi popok akan kurang dari 500 tahun.

 

Jadi, waktu dekomposisi popok berkisar antara 400 tahun sampai 500 tahun.

Perhatikan pilihan jawaban di atas. Nilai yang berkisar di interval 400 dan 500 adalah pilihan D, yaitu 475 tahun.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

 6. Aplikasi Konsep

Contoh Soal AKM Numerasi dan Literasi di Asesmen Nasional 2022 - Soal Aplikasi Soal

(Sumber: dok. Kemendikbud)

 

Seorang siswa membaca tabel dan diagram di atas. Ia menyatakan selisih waktu dekomposisi pada diagram A sama dengan diagram B. Pernyataan tersebut dikoreksi oleh gurunya. Manakah koreksi yang benar dari guru tersebut?

  1. Perhatikan jenis material sampah di kedua diagram!
  2. Perhatikan satuan unit waktu dekomposisi!
  3. Perhatikan tinggi diagram batang setiap jenis material sampah!
  4. Perhatikan titik nol dari sumbu diagram!

 

 

 

Jawaban:

Berdasarkan tabel di atas, diketahui bahwa waktu dekomposisi kertas tisu adalah 5 minggu dan waktu dekomposisi kantong kertas adalah 8 minggu.

Jadi, selisih waktu dekomposisi pada diagram A adalah 3 minggu.

Kemudian diketahui bahwa waktu dekomposisi kulit jeruk adalah 5 bulan dan waktu dekomposisi sisa apel adalah 2 bulan.

Jadi, selisih waktu dekomposisi pada diagram B adalah 3 bulan.

Jika diperhatikan, satuan unit waktu dekomposisi pada diagram A tidak sama dengan diagram B.

Dengan demikian, koreksi yang benar dari guru tersebut adalah: Perhatikan satuan unit waktu dekomposisi!

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

6. 

Contoh Soal AKM Numerasi dan Literasi di Asesmen Nasional 2022 - Soal Penalaran Konsep

(Sumber: dok. Kemendikbud)

 

Pilih setuju atau tidak setuju dan ketik penjelasanmu!

Seorang siswa ingin menggabungkan data waktu dekomposisi sampah organik dan anorganik menjadi sebuah diagram batang. Ibu guru tidak menyarankan hal tersebut. Setujukah kamu dengan saran ibu guru? Jelaskan!

Penjelasan:

Ya, saya setuju dengan saran ibu guru agar tidak menggabungkan waktu dekomposisi sampah organik dan anorganik menjadi sebuah diagram batang karena satuan waktunya berbeda. Walaupun satuannya dibuat sama, akan terlihat ketimpangan pada diagram batangnya, sehingga datanya tidak dapat disajikan dengan baik.

Coba perhatikan, rata-rata waktu dekomposisi sampah anorganik adalah ratusan tahun. Jika ingin dijadikan dalam bulan atau minggu, maka akan sangat besar angkanya, hingga mencapai ribuan bulan atau minggu. Sedangkan, rata-rata waktu dekomposisi sampah organik adalah beberapa bulan atau minggu, paling lama hanya 5 bulan.

Jadi, data waktu dekomposisi sampah organik sebaiknya tidak digabungkan dengan data waktu dekomposisi sampah anorganik dalam sebuah diagram batang

7. Tulis jawabanmu!

Contoh Soal AKM Numerasi dan Literasi di Asesmen Nasional 2022

(Sumber: dok. Kemendikbud)

 

Pada toko beras tersebut, jenis beras yang paling banyak terjual adalah ….

Jawaban: Beras Rojolele

Pembahasan:

Berdasarkan diagram batang di atas, diperoleh hasil sebagai berikut:

  • Beras IR46 yang terjual adalah 180 kg.
  • Beras IR42 yang terjual adalah 80 kg.
  • Beras Rojolele yang terjual adalah 650 kg.
  • Beras Pandan Wangi yang terjual adalah 380 kg.
  • Beras merah yang terjual adalah 70 kg.

 

Dengan demikian, jenis beras yang paling banyak terjual adalah beras Rojolele sebanyak 650 kg.

8. Tulis jawabanmu!

Contoh Soal AKM Numerasi dan Literasi di Asesmen Nasional 2022

(Sumber: dok. Kemendikbud)

 

Berdasarkan banyak beras yang terjual, perbandingan paling sederhana antara beras IR 46 dan Pandan Wangi adalah ….

Jawaban:

Karena yang diinginkan adalah banyak beras terjual, maka perhatikan diagram batang berwarna oranye, khususnya untuk beras IR 46 dan Pandan Wangi. Dari diagram diperoleh bahwa beras terjual untuk IR 46 adalah 180 kg dan beras Pandan Wangi 380 kg, maka perbandingan keduanya, yaitu:

1-Oct-22-2020-07-41-14-17-AM

Pecahan di atas dapat kita sederhanakan dengan membagi kedua nilai dengan 20, sehingga diperoleh:

2-Oct-22-2020-07-41-14-19-AM


 9. Contoh Soal AKM Numerasi dan Literasi di Asesmen Nasional 2022

(Sumber: dok. Kemendikbud)

 

Pilih Benar atau Salah pada setiap pernyataan berikut!

Pernyataan

Jawaban

Panjang AB = Panjang CD

Benar

Salah

Panjang PQ = Panjang SR

Benar

Salah

Jarak Q ke S = Jarak B ke C

Benar

Salah

 

Jawaban:

Panjang AB = Panjang CD (Benar)

Perhatikan segi empat ABCD. Sisi AB sejajar dengan sisi CD memiliki panjang yang sama.

Panjang PQ = Panjang SR (Benar)

PQRS merupakan sebuah belah ketupat. Dengan demikian, PS = SR = RQ = PQ

Jarak Q ke S = Jarak B ke C (Salah)

Jarak Q ke S = Jarak B ke T

10. Teks Informasi (Memahami Teks)

Contoh Soal AKM Numerasi dan Literasi di Asesmen Nasional 2022 - Soal Literasi Membaca

(Sumber: dok. Kemendikbud)

 

Apakah manfaat makan ikan menurut infografis di atas?

  1. Mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.
  2. Mengandung vitamin B6 lebih banyak bila dibandingkan dengan udang.
  3. Berperan penting dalam pertumbuhan bayi hingga usia 3 tahun.
  4. Membantu tubuh memproduksi sel-sel baru
  5. Menurunkan kemungkinan terserang penyakit jantung.

 

 

 

Jawaban:

Pilihan B tidak tepat karena kandungan ikan yang lebih banyak dari udang adalah Omega 3, bukan vitamin B.

Pilihan C tidak tepat karena keterangan “hingga usia 3 tahun” bertentangan dengan informasi “Berperan penting dalam peningkatan gizi, terutama 1000 hari pertama”. Kata “terutama” menunjukkan bahwa kandungan ikan akan lebih berperan dalam peningkatan gizi pada anak usia 1000 hari pertama (3 tahun), tetapi bukan berarti tidak berperan setelah anak berusia lebih dari 3 tahun.

Pilihan D tidak tepat karena pada infografis tercantum bahwa kandungan ikan dapat membantu ‘memperbaiki sel-sel yang rusak’. Namun, kata ‘memperbaiki’ (sel yang rusak) memiliki arti yang berbeda dengan ‘memproduksi sel-sel yang baru’.

Pilihan E tidak tepat. Meskipun informasi tentang manfaat ikan untuk jantung terdapat di dalam bacaan, tetapi infografis di atas tidak hanya fokus membahas hal tersebut. Secara keseluruhan, infografisnya membahas berbagai nutrisi yang terkandung dalam ikan beserta manfaatnya.

Pada infografis disebutkan bahwa ikan bergizi tinggi. Bergizi artinya sama dengan mengandung nutrisi. Nutrisi yang terkandung pada ikan dibutuhkan untuk mencegah kerusakan sel tubuh, memperbaiki sel tubuh yang rusak, menjaga pertumbuhan anak terutama 1.000 hari pertama, meningkatkan kecerdasan otak, dan mengurangi risiko berbagai penyakit. Dengan kata lain, ikan mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.



Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form