Yang Baru dari Pantai Jungwok

Keberadaan Pantai Selatan Gunungkidul menjadi magnet tersendiri bagi para investor. Pasalnya dari sisi timur di Kapanewon Girisubo hingga barat di Kapanewon Purwosari mulai bermunculan destinasi wisata baru. Terbaru adalah Jungwok Blue Ocean di Kalurahan Jepitu, Girisubo. Sepintas konsep yang dikembangkan tidak berbeda dengan destinasi wisata premium lainnya di Gunungkidul.


Bentuk bangunan dibuat mirip dengan tembok bangunan berwarna putih yang dilengkapi dengan kubah berwarna biru. Kemiripan lainnya juga terlihat pada sisi lokasi karena tak hanya Santorini yang berada di bekas letugas gunung berapi, Jungwok Blue Ocean juga terletak di gugusan Gunung Api Purba Batur di Pantai Selatan Gunungkidul. Untuk akses relatif bagus karena jalurnya kombinasi jalan beraspal dan cor blok, dengan panjang kurang lebih satu kilometer dan bisa dilalui kendaraan roda empat. Agar sampai ke destinasi ini dengan tujuan Pantai Wediombo. Namun sebelum sampai di parkiran Wediombo, ada jalur ke timur yang menjadi rute ke Pantai Jungwok. 

Pantai Jungwok populer dengan pemandangan batu karang yang mengelilingi kawasan pantai. Pengunjung yang datang biasanya ingin melihat pemandangan sunset dari kawasan pantai ini karena dikenal indah dan juga memukau. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa camping di sekitar pantai bersama teman-teman ataupun keluarga.


Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen Anda selama berada di Pantai Jungwok. Tak jauh dari kawasan ini, Anda juga bisa mengunjungi beberapa pantai lainnya seperti Pantai Greweng dan juga Pantai Botorubuh.



Daya Tarik Pantai Jungwok

1. Suasana yang Tenang
Mengutip laman Desa Jepitu, Kabupaten Gunungkidul, pantai Jungwok tidak memiliki wahana watersport. Sebagai gantinya, pengunjung dapat merasakan ketenangan sehingga pantai ini cocok menjadi tempat healing.

2. Beach Camp
Pantai ini sudah menyediakan fasilitas penyewaan tenda, sehingga cocok menjadi lokasi beach camp. Wisatawan bisa menikmati indahnya Pantai Jungwok di malam hari ditemani suara ombak dan angin yang semilir.

3. Sunrise di Atas Bukit Manjung
Mengutip laman salah satu agen travel, Bukit Manjung mirip dengan Bukit Karang di Pantai Kukup. Ketika pagi menjelang, wisatawan bisa melihat pemandangan sunrise yang begitu indah.

4. Spot Memancing
Pantai Jungwok memiliki spot memancing yang ada di sekitar bukit-bukit karang. Pastikan kamu membawa alat pancing sendiri ya, sebab pantai ini tidak menyediakan fasilitas sewa alat pancing.

5. Jungwok Blue Ocean
Mengutip laman Pemkab Gunungkidul, Jungwok Blue Ocean merupakan kawasan yang mengusung konsep daerah Santorini Yunani yang memiliki perpaduan warna putih dan biru. Destinasi yang baru dibuka pada 2023 ini memiliki banyak spot foto gratis, makanan khas santorini hingga mini pool.

Menurut Instagram resminya, harga tiket masuk untuk hari biasa adalah Rp 30.000. Sedangkan harga tiket saat akhir pekan atau libur nasional adalah Rp 35.000. Wisatawan yang datang ke Blue Ocean tak perlu membayar biaya tambahan untuk mengakses pantai Jungwok.

Lokasi dan Rute Pantai Jungwok

Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju pantai Jungwok, dari Yogyakarta wisatawan dapat melewati Jalan Bausasran, kemudian lurus hingga ke SMAN 8 Yogyakarta-PLN Yogyakarta, kemudian mengikuti Jalan Nasional III dan Jalan Yogyakarta, Wonosari, Jalan Kyai Legi, Jalan Pantai Selatan dan Jalan Wediombo. Barulah sampai di Pantai Jungwok.




Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form