Persaingan E-Commerce 2023, Konsumen Memilih yang Gampang

Pada tahun 2023, kita menyaksikan dinamika yang menarik dalam persaingan e-commerce di Indonesia, terutama dalam hal inovasi yang memberikan pengalaman baru dalam berjualan dan belanja online. Live streaming atau live shopping menjadi daya tarik utama yang tidak hanya meningkatkan aktivitas belanja masyarakat, tetapi juga menjadi strategi utama bagi pelaku usaha, termasuk brand lokal dan UMKM. Shopee, TikTok, Tokopedia, dan Lazada bersaing untuk memainkan peran penting dalam membentuk tren ini,baik brand lokal maupun UMKM dalam berjualan.



Para pemain e-commerce di Indonesia seperti Shopee, TikTok, Tokopedia, dan Lazada pun berlomba- lomba mengambil peran penting dalam membentuk tren ini. 
Dukungan kuat untuk brand lokal dan UMKM dalam era live streaming, menjadi pilar utama bagi para pemain e-commerce dalam mendorong ekosistem bisnis berkelanjutan. Selain dengan perubahan cara belanja masyarakat, kehadiran pemain baru hingga adaptasi terhadap kompleksitas isu serta regulasi baru juga mewarnai dinamika peta persaingan e- commerce di Indonesia.

Situasi pasar digital pada kuartal ketiga tahun 2023 menunjukkan bahwa live streaming memiliki dampak signifikan terhadap dominasi para pemain e-commerce lainnya. Ipsos melakukan survei dengan fokus pada brand lokal dan UMKM di Indonesia yang menggunakan fitur live streaming di marketplace. Hasil survei menunjukkan bahwa Shopee Live mendominasi sebagai fitur live streaming paling disukai dengan persentase awareness mencapai 96 persen, diikuti oleh TikTok Live (87 persen), Lazada Live (71 persen), dan Tokopedia Play (62 persen).

Dalam pendekatan penggunaan marketplace, Shopee Live juga menjadi saluran utama yang digunakan oleh brand lokal dan UMKM untuk menjual produk secara live streaming, dengan persentase mencapai 88 persen. Selain itu, Shopee Live juga memimpin dalam indikator Share of Value, dengan 44 persen pemilihan dari brand lokal dan UMKM, diikuti oleh TikTok Live (28 persen), Lazada Live (17 persen), dan Tokopedia Play (12 persen).

Fitur live streaming, khususnya Shopee Live, memberikan berbagai manfaat bagi penjual, seperti peningkatan omset (73 persen), ekspansi jangkauan pasar (68 persen), penghematan biaya promosi (64 persen), kemudahan berinteraksi secara real-time dengan pelanggan online (60 persen), kepercayaan pelanggan (59 persen), keamanan dalam transaksi (49 persen), dan perasaan lebih unggul dalam persaingan (37 persen). Kehadiran live streaming, melalui interaksi langsung antara penjual dan konsumen, memberikan keunggulan dalam pertumbuhan bisnis, khususnya untuk brand lokal dan UMKM.

Para pemain e-commerce di Indonesia seperti Shopee, TikTok, Tokopedia, dan Lazada pun berlomba- lomba mengambil peran penting dalam membentuk tren ini. Dukungan kuat untuk brand lokal dan UMKM dalam era live streaming, menjadi pilar utama bagi para pemain e-commerce dalam mendorong ekosistem bisnis berkelanjutan. Selain dengan perubahan cara belanja masyarakat, kehadiran pemain baru hingga adaptasi terhadap kompleksitas isu serta regulasi baru juga mewarnai dinamika peta persaingan e- commerce di Indonesia.

Setiap pemain e-commerce tentu berlomba-lomba menawarkan platform dengan berbagai keunggulan. Secara rinci, kehadiran fitur berjualan secara real-time ini memberikan banyak manfaat bagi penjual, khususnya brand lokal dan UMKM. 

Adapun berikut aspek-aspek yang dicari dan mempengaruhi preferensi para penjual dalam memilih fitur live streaming di platform e- commerce.

  • Fitur Live Streaming Layanan Interaktif untuk Pertumbuhan Bisnis Brand Lokal dan UMKM

Salah satu keunggulan utama live streaming terletak pada kemampuannya untuk menyajikan interaksi langsung antara penjual dan konsumen. Melalui live streaming, brand lokal dan UMKM dapat berkomunikasi secara real-time, menjawab pertanyaan, dan memberikan informasi langsung kepada konsumen.

Keterlibatan ini membuat pengalaman berbelanja lebih personal sekaligus meninggalkan kesan tak terlupakan. Dalam segi pelayanan interaktif, IPSOS mengemukakan Shopee Live dengan 59%, menunjukkan keunggulannya yang signifikan dibandingkan dengan TikTok Live (26%), Lazada Live (8%), dan Tokopedia Play (7%) bagi brand lokal dan UMKM.

Keberhasilan Shopee Live dalam menyajikan layanan interaktif menjadikannya sebagai pilihan utama bagi brand lokal dan UMKM. Kontribusinya terhadap pertumbuhan bisnis brand lokal dan UMKM tidak diragukan lagi, dengan 62% responden mengakui bahwa Shopee Live menjadi pilihan sebagai fitur live streaming yang paling membantu mereka untuk bertumbuh, diikuti oleh TikTok Live (26%), Tokopedia Play (7%), dan Lazada Live (6%).

  • Fitur Live Streaming Tingkatkan Omzet Brand Lokal dan UMKM

Dalam perbandingan antara platform e-commerce, lebih dari setengah brand lokal dan UMKM (62%) memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang memberikan peningkatan omzet terbesar, lalu diikuti TikTok Live (26%), Tokopedia Play (7%), dan Lazada Live (6%). Hal ini sejalan dengan hasil temuan survey IPSOS di mana Shopee Live dianggap sebagai live streaming yang menawarkan gratis ongkir paling banyak untuk brand lokal dan UMKM (65%), diikuti oleh TikTok Live (20%), Lazada Live (8%), dan Tokopedia Play (7%).

  • Tinggi Antusiasme Penjual Brand Lokal dan UMKM dari Kategori Fashion dan Beauty

Studi ini juga menunjukan live streaming menjadi alat pemasaran yang beragam dalam e-commerce. Penjual brand lokal dan UMKM dari berbagai kategori produk menyadari dan mengaplikasikan live streaming dalam menciptakan keterlibatan konsumen dan menjadi salah satu strategi penjualan. Melalui survei ini, terungkap bahwa mayoritas brand lokal dan UMKM dari kategori Fashion (56%), Beauty, Care, & Health (39%), dan Daily Product atau FMCG (32%), serta kebutuhan Lifestyle (17%), menjadi kategori penjual paling banyak memanfaatkan fitur live streaming milik platform marketplace. Selain itu, penjual dari kategori perlengkapan rumah dan elektronik juga mulai banyak mengikuti tren penjualan ini.

"Jika kita menganalisa lebih dalam data di atas, kategori Fashion dan Beauty, sebagai dua kategori utama yang selalu menjadi incaran masyarakat. Perkembangan kedua kategori ini pun mengungkapkan bagaimana transformasi digital memberikan gaya berjualan baru lewat popularitas live streaming di platform e-commerce," (CNBCindonesia dan Radar Bogor)


Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form