Perbandingan Trigonometri, Segitiga Siku-Siku

Pengertian Perbandingan Trigonometri

Perbandingan trigonometri adalah perbandingan panjang sisi-sisi pada segitiga siku-siku. Segitiga ini memiliki tiga sisi, yaitu hipotenusa (sisi miring), sisi tegak (vertikal), dan sisi mendatar (horizontal). Letak sisi tegak dan sisi mendatarnya saling tegak lurus, sehingga sudut yang dibentuk oleh keduanya tepat 90o. Itulah mengapa, sudut ini disebut sebagai sudut siku-siku. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut.

Dari gambar di atas, sudut siku-siku dibentuk oleh perpotongan antara sisi AB dan BC. Sisi AB disebut juga sisi tegak, sisi BC disebut sisi mendatar, dan tepat di depan sudut siku-siku terdapat sisi miring (BC). Sisi miring selalu lebih panjang dari kedua sisi lainnya.

Rumus Perbandingan Trigonometri

Rumus perbandingan trigonometri diperoleh dari perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku seperti berikut.

Rumus Perbandingan Trigonometri

Perbandingan Trigonometri Sinus

Sinus α merupakan perbandingan antara sisi depan sudut α (AB) dan dan sisi miring (AC). Secara matematis, bisa dinyatakan seperti berikut.

Sinus α memiliki kebalikan yang disebut cosecan α. Secara matematis, cosecan α dinyatakan sebagai berikut.

Perbandingan Trigonometri Cosinus

Cosinus α atau biasa ditulis cos α merupakan hasil perbandingan antara sisi mendatar atau samping sudut α (BC) dan sisi miring (AC). Secara matematis, dinyatakan sebagai berikut.

Sama seperti sinus α, cosinus α juga memiliki kebalikan yang disebut secan α atau biasa disingkat sec α. Secara matematis, sec α dinyatakan sebagai berikut.

Perbandingan Trigonometri Cosinus

Perbandingan Trigonometri Tangen

Tangen α atau biasa ditulis tan α merupakan hasil perbandingan antara sisi depan sudut α (AB) dan sisi samping sudut α (BC). Secara matematis, dinyatakan sebagai berikut.

Perbandingan Trigonometri Tangen 1

Tan α juga memiliki kebalikan yang disebut cotangen α atau biasa disingkat cot α. Secara matematis, cot α dinyatakan sebagai berikut.

Materi Selengkapnya :

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form