Saat Yang Tepat Berwisata di Gunungkidul Pada Tahu Baru

Tidak terasa bahwa tahun 2023 akan berakhir dan kita akan memasuki tahun 2024. Pada tahun 2024, tentu ada harapan atau tujuan baru yang ingin Anda capai. Tujuan dan harapan tersebut harus ada dalam resolusi tahun baru supaya Anda makin semangat mengejarnya. Selain sudah memiliki resolusi tentunya sudah ada tujuan tempat wisata yang ingin dikunjungi pada saat tahun baru 2024.  Wisata Gunungkidul tidak ada habisnya tempat wisatanya, 

Gunungkidulmerupakan salah satu dari 5 (lima) kabupaten - kota di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak aksesibilitas dari Kota Jogja ± 40 km2 arah Tenggara, dengan lokasi ibukota di Wonosari. Memiliki luas wilayah ± 1.485,36 km2 atau ± 46,63% luas wilayah DIY, dan garis pantai ± 70 km. Posisi koordinat antara 7°46' LS - 8°09' LS dan 110°21' BT - 110°50' BT. Berbatasan dengan Kabupaten Klaten dan Sukoharjo Jawa Tengah di sebelah Utara, Kabupaten Bantul dan Sleman di Barat, Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah di Timur dan Samudera Hindia di sebelah Selatan.


Pariwisata Gunungkidul hampir tak terbatas, sangat banyak jumlahnya dan beragam jenisnya, meliputi:

Wisata Pantai

Dari banyakya lokasi pantai, ada beberapa pantai yang dikelola secara resmi oleh Pemerintah Daerah sampai saat ini. Pantai-pantai tersebut diantaranya adalah : Ngrenehan, Ngobaran, Nguyahan, Baron, Kukup, Drini, Krakal, Sundak, Siung, Wediombo, dan Sadeng. Sedangkan pantai-pantai lain mengedepankan pemberdayaan masyarakat, dikelola oleh Pokdarwis dan masyarakat setempat.

Meskipun begitu banyak pantai yang ada, kami akan memberikan sekilas gambaran dua lokasi pantai :  

1. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo memiliki pemandangan yang tidak pernah mengecewakan. Dengan gugusan karang yang berjajar tidak beraturan mempunyai nilai daya tarik sendiri. Tapi, selain itu kamu juga bisa melihat berbagai macam daya tarik lain serta aktivitas seru yang dapat kamu lakukan. 

2. Pantai Jungwok

Pantai Jungwok menjadi tempat yang indah untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Selain itu dipantai jungwok sekarang ada JBO (Jungwok Blue Ocean). Serta masih ada beberapa pantai lainya. 

Wisata Hutan

Hutan Wanagama, Wonosadi, Bunder atau Taman Hutan Rakyat (Tahura), Lindung, Kalikidul, Wana Wisata, Watu Payung, Nampu, Linggomanik, Hutan Rakyat Klepu dan Nglanggeran, Sodong, dan Hutan Tawarsari.

Wisata Gunung dan Bukit

Terdiri dari kawasan Karst Gunung Sewu, Patuk atau Hargodumilah atau Bukit Bintang, Butak, Nglanggeran, Gentong, Tumpang, Batugede, Watujoli, Gambar, Bagus, Tutup, Panggung, Kendil, dan Gunung Batur.

Wisata Sungai dan Air Tedrjun

Meliputi Air Terjun Jurug Gede, Jurug Banyu Nibo, Jurug Taman Sari, Kedung Kembang, Kedung Kandang, Air Terjun Banyu Nibo, Air Terjun Sri Gethuk, Sungai Oya di berbagai wilayah, Sungai Klayar, Sungai Beton, DAM Payaman - Ngerco.

Wisata Goa Gunungkidul

Goa yang sudah berkembang diantaranya Goa Pindul, Kalisuci, Jomblang dan Grubug, Cokro dan Gremeng, Jlamprong, Sinden, Ngingrong, Cerme, Songgilap, Glatik, Rancang Kencono, Senen.

Kawasan Wisata Minat Khusus

Segmen Karst Kalisuci, Pindul, Lembah Karst Mulo, Parangracuk, Kukup, Siung, Timang, Wediombo, Nglanggeran, Bengawan Solo Purba, Wanagama.

Wisata Pendidikan

Karst Pegunungan Sewu, berbagai Geo Site di kawasan Geopark Gunung Sewu khususnya Geo Area Gunungkidul.

Desa Wisata

Bobung, Mojo, Bejiharjo, Nglanggeran, Bleberan, Umbulrejo, Mulo, Kemadang, Ngestirejo, Wonosadi, Jelok, Pacarejo, Sundak, Turunan.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form