Wisuda Purna Siswa SMK N 1 Girisubo

SMK  Negeri 1 Girisubo Gunungkidul  telah menyelenggarakan upacara perayaan kelulusan sebagai tanda resmi siswa kelas XII tahun pelajaran 2022/2023 mengakhiri masa studi di halaman SMK N 1 Girisubo.




Perhelatan wisuda purna siswa selama ini dianggap  sebagai puncak selesainya sebuah proses belajar  seorang peserta didik. Rasa gembira memang sah-sah saja diekspresikan. Akan tetapi, tidak jarang yang mengekspresikannya dengan corat-coret seragam dan konvoi motor di jalan yang kontraproduktif. Euforia kelulusan  seperti apa yang hendaknya dicermati oleh sebuah lembaga pendidikan kiranya perlu disiapkan sejak awal. Perlu sosialisasi kepada calon lulusan bahwa berakhirnya atau selesainya studi di sekolah adalah awal untuk melanjutkan perjuangan di jenjang selanjutnya.





Acara Wisuda Purna Siswa untuk siswa  tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, 11 Mei 2023, dengan berbagai rangkaian acara. 




Ada ungkapan yang mengatakan bahwa sekolah seperti rumah kedua bagi siswanya. Para guru otomatis juga menjadi orang tua kedua untuk mereka. Dengan rutinitas yang setiap hari pergi ke sekolah, bertemu guru dan teman-teman serta staf sekolah, setiap siswa pasti merasa sekolah adalah rumah, tempat belajar banyak hal. Kepercayaan para orang tua juga memiliki pengaruh yang besar terhadap sekolah itu sendiri. Terlebih pada sekolah-sekolah yang menerapkan full day school, maka siswa akan lebih banyak menghabiskan waktunya disana. Pada acara perpisahan itulah merupakan waktu yang tepat untuk mengembalikan siswa secara resmi kepada orang tuanya. Pesan moral dan motivasi pihak sekolah sangat berarti bagi siswa dan orang tua siswa, sebelum melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.




Bagi Para orang tua tentunya merasa terbantu oleh sekolah yang sudah memberikan ilmu sebagai bekal anak-anak untuk menapaki masa depannya nanti. Dengan digelarnya acara perpisahan sekolah, orang tua dapat menjadikannya sebagai momentum mengucapkan terima kasih kepada guru maupun pihak sekolah secara keseluruhan. Para orang tua tentunya merasa terbantu oleh sekolah yang sudah memberikan ilmu sebagai bekal anak-anak untuk menapaki masa depannya nanti. Dengan digelarnya acara perpisahan sekolah, orang tua dapat menjadikannya sebagai momentum mengucapkan terima kasih kepada guru maupun pihak sekolah secara keseluruhan.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form