Merumuskan Rencana Marketing

Sebelum produk dipasarkan, tentu perusahaan harus membuat perencanaan pemasaran terlebih dahulu. Masalah-masalah pokok yang digunakan untuk mengembangkan rencana pemasaran, antara lain sebagai berikut.




a. Target Penjualan
Rencana pemasaran itu dimulai dengan penentuan target penjualan pada setiap bagian yang ada didalam perusahaan. Target penjual tersebut ditetapkan berdasarkan analisis berbagai kemungkinan strategi pemasaran yang menguntungkan. Untuk itu perlu diadakan alokasi target penjualan pada daerah penjualan dan masing-masing salesmen dengan memerhatikan penjualan masa lampau serta perkiraan potensinya. Biasa ini disebut kuota penjualan.

b. Anggaran Pemasaran
Untuk melaksanakan berbagai macam kegiatan pemasaran, perlu disusun anggaran pemasaran yang menyeluruh. Biasanya anggaran pemasaran yang menyeluruh ditetapkan berdasarkan suatu prosentase (%) dari tarif penjualan, contohnya pabrik pupuk akan menetapkan anggaran pemasaran sebesar 15% dari penjualan. Apabila perusahaan ingin meningkatkan volume penjualannya, maka prosentase tersebut harus ditingkatkan.

c. Alokasi Marketing Mix
Selain membuat anggaran pernasaran, perusahaan juga harus mengalokasi anggaran pemasaran untuk suatu produk ke berbagai alat pemasaran, seperti periklanan, promosi penjualan dan penjualan personal. Meskipun alat-alat tersebut sudah, ditetapkan pada saat membuat strategi pernasaran, narnun masih ada kemungkinan ierjadi konflik di antara setiap kegiatan di dalam pernasaran. Hal ini disebabkan karena setiap tugas tersebut selalu ada kaitannya dengan jumlah uang yang diperlukan. 

d. Penetapan Harga 
Penetapan harga merupakan saiu elemen rang menghasilkan laba didalarn rcncana pcmasaran. Faktor-faktor yang mendasari peneiapan harga harus dipenimbangkan pada saat permulaan bersama-sama dengan penyusunan strategi pemasaran. Perusahaan harus menetapkan harga sebelum memberikan potongan serta penghargaan.

e. Alokasi Anggaran Pemasaran pada Produk
Umurnnya sebuah perusahaan tidak hanya menghasilkan saiu macam produk, tetapi beberapa macam. Setiap tahun perusahaan tersebui harus menghitung banyaknya uang yang dialokasikan pada masing-masing produknya. Dalam menentukan produk mana yang memerlukan tambahan anggaran pemasaran, dan produk mana yang perlu dikurangi anggarannya, perusahaan harus mempenimbangkan beberapa faktor. 
Adapun faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan, yaitu: 
  1. Jumlah produk line; 
  2. Banyaknya produk mix; 
  3. Jenis produk yang mernpunyai permintaan cukup banyak baik pada saat saat yang mupun pada saat yang akan datang; 
  4. Jenis produk yang permintaannya sedikit. 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form