Wisata Susur Goa Pindul, Gunungkidul Yogyakarta



Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata. Di goa ini, Anda akan disuguhkan dengan keindahan dari stalagtit dan stalakmit yang menawan. Hal ini menjadikan kegiatan susur sungai bawah tanah akan makin terasa mengasyikkan.

Goa  ini memang memiliki keunikan tersendiri, dimana Anda akan diajak untuk menyusuri sungai bawah tanah dan melihat keindahan stalagtit dan stalakmit dari atas ban. Aktivitas ini biasanya disebut dengan cavetubing. Cave tubing yang dilakukan di Goa Pindul membutuhkan waktu sekitar 50 menit. Jarak yang harus ditempuh yaitu sekitar 350 meter, dari mulut goa hingga ujung goa. Goa ini diketahui juga memiliki lebar sekitar 5 meter dengan jarak permukaan air dengan atap sekitar 4 meter. Sedangkan untuk dalamnya, goa ini diperkirakan memiliki kedalaman sekitar 5-12 meter.




Sekedar informasi, cavetubing sendiri hampir mirip dengan rafting (arung jeram), bedanya arung jeram biasa dilakukan di aliran sungai dengan menggunakan perahu karet, sedangkan cuvetubing yaitu menyusuri goa dengan menggunakan ban dalam, sebab sungai ini biasanya tak berarus deras. Dalam kegiatan cavetubing ini, Anda akan dibekali dengan beberapa peralatan untuk menunjang keselamatan wisatawan, seperti jaket pelampung, sepatu dan juga ban dalam. Anda juga akan dipandu oleh seorang guide yang bertugas untuk mengawal serta memberikan penjelasan tentang Goa Pindul tersebut.


Diketahui bahwa goa yang memiliki tiiga zona, yaitu zona terang, zona remang dan zona gelap ini aman untuk semua kalangan, baik dewasa maupun anak-anak. Hal ini lantaran sungai bawah tanah tersebut tak memiliki arus yang deras, sekalipun pada saat musim penghujan. 



Di tengah goa, ada ruang yang cukup lebar dengan lubang berada diatasnya. Tempat ini biasa disebut dengan sumur terbalik. Dari sini, sinar matahari dapat masuk, 



Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form