Media Promosi Terbaik di Era Digital 4.0

Promosi termasuk dalam bauran pemasaran dan merupakan bentuk dari komunikasi pemasaran. Pemasaran adalah ujung tombak dari distribusi produk. 





Dengan menjalankan aspek pemasaran yang efektif, maka penjualan produk akan menjadi optimal. Melalui berbagai media promosi, seperti brosur, pamflet, baliho, media online, maka akan membantu pemasaran agar lebih optimal.

Promosi (promotion) adalah usaha atau upaya untuk memajukan atau meningkatkan; misalnya untuk meningkatkan perdagangan atau memajukan bidang usahaPromosi berasal dari kata promote dalam bahasa Inggris yang diartikan sebagai mengembangkan atau meningkatkan. Pengertian tersebut jika dihubungkan dengan bidang penjualan berarti sebagai alat untuk meningkatkan omzet penjualan.

Dari pendapat para ahli, promosi mempunyai pengertian yang berbeda-beda Perbedaan tersebut dapat diketahui dari beberapa defenisi sebagai berikut :

  • Basu Swastha mengemukakan, promosi adalah arus informasi atau persuasi satu-arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
  • Kotler (1992), promosi mencakup semua alat bauran pemasaran (marketing mix) yang peran utamanya adalah lebih mengadakan komunikasi yang sifatnya membujuk.
  • Gitosudarmo menyatakan bahwa promosi adalah merupakan kegiatan-kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka dapat menjadi kenal akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudian mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut


Tujuan Promosi

    

       Informing, yaitu memberitahukan informasi selengkap-lengkapnya kepada calon pembeli tentang barang yang ditawarkan, siapa penjualnya, siapa pembuatnya, dimana memperolehnya, harganya dan sebagainya. Informasi yang digunakan dapat diberikan melalui tulisan. Gambar, kata-kata dan sebagainya, yang disesuaikan dengan keadaan.

        Persuading yaitu membujuk calon konsumen agar mau membeli barang atau jasa yang ditawarkan. Perlu ditekankan di sini bahwasannya membujuk bukan berarti memaksa calon konsumen sehingga keputusan yang diambil mungkin justru keputusan yang negatif.

        Reminding yaitu mengingatkan konsumen tentang adanya barang tertentu, yang dibuat dan dijual perusahaan tertentu, ditempat tertentu dengan harga yang tertentu pula. Konsumen kadang-kadang memang perlu diingatkan, karena mereka tidak ingin bersusah payah untuk selalu mencari barang apa yang dibutuhkan dan dimana mendapatkannya.


    Setiap perusahaan harus menentukan dengan tepat media promosi yang akan digunakan agar bisa mencapai kesuksesan. Media promosi segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan. Kata media berasal dari kata latin medium (jamak). Secara harfiah kata medium mempunyai arti perantara atau pengantar, yaitu perantara sumber pesan (a source) dengan penerima pesan (a reciver). Dalam pengertian lain, media adalah alat atau sarana yang dipergunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada masyarakat luas. Adapun promosi merupakan bagian dari salah satu rangkaian kegiatan pemasaran suatu produk/jasa.

Media promosi didefinisikan sebagai sarana yang digunakan untuk mengko-munikasikan suatu produk/jasa/image/perusahaan ataupun yang lain untuk dapat lebih dikenal masyarakat luas.


Mengenal Media Promosi Terbaik di Era Digital 4.0

Facebook

Mungkinkah Anda berpikir bahwa media sosial Facebook sudah mulai ditinggalkan oleh penggunanya? Nyatanya, fakta sebaliknya lah yang terjadi. Facebook masih banyak digunakan oleh penggunanya untuk berkomunikasi dengan rekan maupun keluarga. Keberadaan Facebook bahkan dimanfaatkan untuk media promosi online yang cukup efektif untuk memasarkan produk.

Caranya, ketahui segmentasi pelanggan yang Anda inginkan. Kemudian buat fan page brand Anda di Facebook semenarik mungkin. Ketika Anda memiliki laman yang menarik di Facebook, pengguna akan memberikan likes. Dari likes ini Anda bisa mengubahnya menjadi pelanggan dengan promosi yang gencar. Saat pelanggan sudah didapat, pastikan laman Facebook Anda tetap membuat konten menarik untuk tujuan promosi.

Instagram

Media sosial yang satu ini bisa menjadi media promosi yang sangat menarik dan mampu menghasilkan banyak penjualan. Pasalnya, Instagram adalah salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak. Jika Anda melakukan promosi melalui Instagram, bukan tidak mungkin brand Anda akan sangat cepat dikenal dan menghasilkan banyak penjualan. Tidak sedikit juga pemilik bisnis online yang memulai usahanya melalui online shop di Instagram.

Yang lebih menarik, Instagram memiliki banyak fitur yang sangat bermanfaat untuk promosi dan berinteraksi dengan pelanggan. Contohnya fitur hashtag di mana Anda bisa menggunakan hashtag yang relevan pada postingan Anda. Selain itu, ada fitur Polling, Questions, dan Quiz yang bisa dimaksimalkan sebagai media promosi sekaligus media interaksi dengan pelanggan. Ketika Anda dekat dengan pelanggan, mereka akan cenderung tertarik dengan brand Anda.

Marketplace

Tidak hanya sebagai tempat berjualan, market place juga menjadi media promosi yang cukup signifikan. Anda bisa menggunakan beragam platform marketplace seperti Tokopedia Shopee, dan sebagainya. Marketplace ini sangat membantu pebisnis untuk mempromosikan produk dan barang mereka untuk menjangkau lebih banyak lagi pelanggan. Beberapa pebisnis juga bahkan sengaja membuka toko online di marketplace untuk meluaskan jaringan dan mendapat banyak konsumen.

Youtube

Bagi sebagian orang, iklan di Youtube sangat mengganggu. Tapi bagi konten creator pemilik laman Youtube dan pebisnis, fitur AdSense sangat menguntungkan. Fitur AdSense membuka peluang untuk pebisnis melakukan promosi produk. Anda bisa menyelipkan promosi produk Anda melalui iklan Youtube dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Cara lain, Anda bisa membuat akun khusus untuk brand dan mengunggah video interaktif yang membuat pengguna Youtube tertarik. Kreasikan ide promosi Anda untuk membuat video yang tidak sekadar iklan belaka. Ini adalah cara kuno dalam dunia promosi.

Email Marketing

Email marketing mungkin terdengar agak kuno dan so last year. Tapi, email marketing masih memiliki kekuatannya sendiri sebagai media promosi online yang mampu menjangkau banyak pelanggan. Email marketing menjadi sumber yang sangat besar untuk menyebarkan berita launching produk, penawaran terbaru dan terbatas, serta diskon promosi. Cobalah untuk membuat email marketing yang menarik dan dapatkan banyak pelanggan baru.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form