Eksotisme Air Terjun Luweng Sampang Gunungkidul

Keindahan pesona dan eksotisme Jogja seakan-akan nggak ada habisnya. Satu lagi serpihan surga yang baru terkuak, yaitu air terjun Luweng Sampang. Letak air terjun ini ada di wilayah Gunung Kidul yang memang memiliki pantai dengan batuan-batuan cadas yang indah, dan rupanya air terjun ini pun memiliki batuan-batuan cadas yang berwarna putihBatuannya yang terkena erosi air membentuk garis-garis yang unik karena terkikis secara alami.




Dinamakan Luweng Sampang karena Luweng merupakan kata yang berasal dari bahasa Jawa yang berarti Lubang dan Kata Sampang di ambil karena lokasinya berada di desa bernama Sampang, jadi Air terjun ini dinamakan Air terjun leweng sampang.
Luweng Sampang merupakan sebuah air terjun unik yang memiliki karakteristik batu – batuan yang sekilas terlihat mirip dengan Grand Canyon di Negara AS. Batu batuan ini terbentuk karena terkena erosi air  sungai dan sehingga menjadi sebuah lapisan batuan yang bergaris-garis dan sangat menarik.



Air setinggi 5 meter mengucur deras di antara 2 tebing. Dengan lebar 1,5 meter, lubang yang menganga di antara air terjun ini bisa ditelusuri. Merasakan guratan-guratan halus yang menghiasi dinding-dinding tebing. Eksotis, keelokan wisata di Gunung Kidul ini membuat Luweng Sampang disebut Grand Canyon ala Indonesia.
Sesuai dengan namanya, Luweng dan Sampang. Luweng yang berati lubang. Jika dilihat dari atas, Air Terjun Luweng Sampang ini bak memiliki lubang. Sedangkan Sampang sendiri wilayah desa yang terletak di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta

Spot favorit wisatawan Lawu Sampang ada di balik lubang Luweng Sampang. Jika dilihat sepintas, guratan di bebatuan tebing itu membuat Luweng Sampang tampak seperti Grand Canyon di Amerika Serikat. Meski secara ukuran tidak semegah salah satu dari tujuh keajaiban dunia itu.
Di sini, para wisatawan bisa menelusuri ukiran unik batuan. Guratan halusnya menjadi corak cantik yang menghiasi batuan. Tebing terkikis cantik ini terbentuk akibat proses perubahan alam.



Air berwarna hijau kebiruan dengan ukiran batuan yang cantik menambah manis foto di laman Instagram, serasa di Grand Canyon. Membuat tempat di ujung batuan menjadi spot foto favorit wisatawan.
Di bagian bawah terdapat aliran sungai dengan batu-batuan kecil. Nampak indah dihiasi bebatuan cadas berwarna putih. Warnanya sangat jelas terlihat di sekitar air terjun. Dari bagian bawah ini para wisatawan bisa langsung merasakan kesegaran Air Terjun Luweng Sampang.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form