Google AdMob

 

Apa itu Google AdMob

Dari hasil penelusuran Saya, Google AdMob awalnya bernama AdMob singkatan dari Ads Mobile atau Advertising On Mobile adalah perusahaan iklan mobile yang didirikan oleh Omar Hamoui. AdMob didirikan pada tahun 2006 dan berbasis di San Mateo, California. 

Apple Inc. juga telah menyatakan minatnya untuk membeli perusahaan itu pada tahun yang sama, tetapi mereka keluar tawaran oleh Google dan sejak memperkenalkan platform iklan mereka sendiri yaitu iAd. Sebelum diakuisisi oleh Google, AdMob mengakuisisi perusahaan AdWhirl, sebelumnya Adrollo yang merupakan platform untuk mengembangkan iklan di aplikasi iPhone. AdMob menawarkan solusi iklan untuk platform mobile, termasuk Android, IOS, WebOS, Flash Lite, dan semua browser web mobile standar.

AdMob merupakan salah satu platform terbesar di dunia iklan mobile dan klaim untuk melayani lebih dari 40 miliar banner mobile dan iklan teks per bulan di seluruh situs Web mobile dan Aplikasi Handset. Bagi yang belum mengerti mengenai AdMob, mari kita pelajari sejenak melalui artikel singkat ini.

Fungsi Google AdMob

Google AdMob adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang dari internet dengan cara monetisasi iklan pada aplikasi mobile terbaik Anda, dengan semakin berkembangnya penggunaan smartphone berbasis Google Android saat ini di Indonesia khususnya, maka para pengembang Aplikasi berlomba-lomba membuat bermacam-macam aplikasi, ada yang menjualnya secara berbayar maupun gratis dan kemudian menanamkan iklan AdMob di dalamnya untuk di monetisasi.

Saat ini harga smartphone khususnya di Indonesia sudah sangat murah dan terjangkau, di tambah lagi smartphone saat ini sudah menjadi kebutuhan khusus untuk semua orang di seluruh dunia. Bayangkan, jika aplikasi Anda yang sudah terpasang iklan AdMob di instal pada jutaan smartphone di seluruh dunia, berapa pendapatan yang Anda bisa hasilkan dari aplikasi tersebut. Google AdMob sudah menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menggiurkan untuk saat ini, jika melihat penggunaan internet pada smartphone yang semakin hari semakin meningkat, peluang mendapatkan passive income dari AdMob bukanlah hal yang mustahil.

Perbedaan Google AdMob dengan Google AdSense

Betul sekali. Google AdMob dengan Google AdSense itu berbeda, walaupun sama-sama produk iklan dari Google, masing-masing memiliki ranah periklanan yang berbeda, dari cara daftarnya saja sudah berbeda. Google AdMob hanya bisa menampilkan iklan di aplikasi mobile, sedangkan Google AdSense adalah iklan yang ditampilkan pada sebuah website atau blog.

Untuk Anda yang serius ingin mendalami Google AdMob, tidak banyak yang perlu Anda persiapkan. Anda cukup menyiapkan aplikasi Android (bisa beli ataupun buat sendiri), mendaftar akun AdMob dan mendaftar menjadi developer di Google Play Store. Namun permasalahan yang paling sering dihadapi para pengembang aplikasi android adalah saat mendaftar menjadi developer di Google Play Store, untuk perihal ini akan Saya bahas pada tulisan berikutnya.

Mendaftar AdMob sangat mudah jika dibandingkan mendaftar Google AdSense. Anda hanya perlu menyiapkan akun gmail baru dan kemudian langsung mendaftar Google AdMob. Apabila Anda sudah mempunyai akun Google AdSense yang sudah full approve, bisa langsung mendaftar Google AdMob dan nantinya Anda tidak perlu lagi untuk verifikasi PIN saat ambang 10 dollar pertama.

Jika Anda sudah siap untuk bermain dengan Google AdMob, secara umum berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan (Contoh Kasus untuk Platform Android) :

  1. Buat Akun Gmail
  2. Daftarkan email ke Google AdMob
  3. Buatlah aplikasi, tentukan jenis aplikasi apa yang akan dibuat baik berbentuk Ebook, Game dan Lain-lain.
  4. Monetisasi iklan Google AdMob ke dalam Aplikasi Mobile Anda
  5. Daftarkan email Anda ke Google Play Store, ini membutuhkan biaya sebesar $25
  6. Publish aplikasi di Google Play Store
  7. Promosikan Aplikasi

Mengapa harus menampilkan iklan?

Menampilkan iklan kepada pengguna aplikasi memungkinkan Anda menciptakan sumber pendapatan yang berkelanjutan untuk membantu Anda mengembangkan bisnis sekaligus berfokus pada pembuatan dan pengembangan aplikasi yang berkualitas. Pengiklan menjangkau pelanggan baru, dan pengguna dapat menemukan produk serta layanan yang relevan – sambil menikmati aplikasi secara gratis. Jadi ini menguntungkan bagi setiap orang – developer, pengguna, dan pengiklan.

Cara kerja AdMob

Iklan dibuat dan dibayar oleh pengiklan yang ingin mempromosikan produk atau layanan mereka kepada pengguna aplikasi. Setelah Anda membuat ruang untuk iklan di aplikasi Anda, AdMob bekerja sama dengan pengiklan yang membayar untuk menampilkan iklan yang relevan kepada pengguna Anda.

Jaringan iklan Google

Sebagai salah satu jaringan iklan global terbesar, AdMob bekerja sama dengan jutaan pengiklan yang bersaing untuk memperebutkan ruang iklan di aplikasi Anda, mulai dari merek global terbesar hingga perusahaan rintisan baru terpopuler dengan konsep langsung ke konsumen. Artinya, lebih banyak permintaan, lebih banyak iklan relevan untuk pengguna Anda, dan lebih banyak pendapatan untuk Anda.

Mediasi iklan

Dapatkan sumber pendapatan yang lebih banyak dengan memperluas permintaan pengiklan ke jaringan pihak ketiga. AdMob melakukan bagian pekerjaan yang sulit untuk memastikan Anda menampilkan iklan dari jaringan yang membayar paling tinggi – dan memperoleh biaya per seribu tayangan (CPM) tertinggi.

Model pendapatan campuran

Kombinasikan iklan dalam aplikasi Anda dengan sumber pendapatan lain, seperti pembelian dalam aplikasi (IAP), untuk menghasilkan sumber pendapatan yang seimbang dan berkelanjutan.

Format iklan

Dengan menayangkan iklan yang tepat kepada pengguna yang tepat pada saat yang tepat, Anda dapat terus memberikan pengalaman yang luar biasa kepada pengguna sambil memonetisasi aplikasi Anda. Anda dapat memilih dari berbagai format, termasuk:

  • Reward: Iklan yang memungkinkan pengguna memilih untuk berinteraksi dengan imbalan berupa reward dalam aplikasi, seperti poin bonus atau "nyawa" ekstra dalam game.
  • Native: Iklan yang disesuaikan yang memiliki tampilan dan nuansa seperti bagian alami dari aplikasi Anda.
  • Banner: Iklan persegi panjang yang dapat ditambatkan ke bagian atas atau bawah layar.
  • Interstisial: Iklan statis atau video yang dapat muncul pada saat jeda atau titik transisi yang alami, sehingga menciptakan pengalaman merek yang menarik tanpa mengganggu pengalaman aplikasi.

Keunggulan AdMob

AdMob membantu memaksimalkan pendapatan melalui permintaan pengiklan yang lebih banyak serta membantu meningkatkan CPM dan rasio pengisian secara global. Sebagai platform yang telah teruji, sasaran kami tidak hanya membuat Anda mampu menciptakan arus pendapatan yang berkelanjutan, namun juga memudahkan pekerjaan Anda dengan fitur yang sederhana sekaligus canggih.

Berikut cara kami membantu developer mengembangkan bisnis mereka.

Memaksimalkan pendapatan yang berkelanjutan dengan teknologi monetisasi terbaik di industri:

  • Mediasi: Platform mediasi AdMob membantu developer menyiapkan, mengelola, dan mengoptimalkan beberapa jaringan iklan seluler. Penggunaan beberapa sumber iklan akan menciptakan kompetisi untuk inventaris iklan Anda, yang membantu Anda meningkatkan penghasilan.
  • Bidding Terbuka: Dengan memanggil semua jaringan yang berpartisipasi secara bersamaan, sumber iklan Anda dapat mengajukan bid untuk setiap tempat iklan secara real time, memastikan Anda selalu mendapatkan CPM tertinggi untuk setiap tayangan.

Berinteraksi dengan pengguna: Format iklan yang inovatif seperti iklan reward dan iklan native membantu menyeimbangkan pengalaman pengguna dengan monetisasi agar pengguna selalu puas dan aktif berinteraksi.

Mengotomatiskan tugas: Gunakan fitur otomatis kami untuk menangani tugas harian – dan menghemat waktu Anda untuk berfokus pada pembuatan aplikasi terbaik.

Melindungi merek: Kebijakan periklanan serta kontrol penayang yang ketat dan peninjauan iklan yang komprehensif membantu Anda mengontrol jenis iklan yang ditampilkan di aplikasi Anda untuk memastikan keamanan merek Anda.

Mendapatkan analisis yang lebih pintar: Dengan menawarkan integrasi yang lancar dengan Google Analytics for Firebase, AdMob menawarkan fitur pelaporan dan analisis yang lebih pintar, sehingga Anda dapat lebih memahami cara pengguna berinteraksi dengan iklan dan mengoptimalkan nilai umurnya.

Cara pasang iklan Google AdMob

Untuk memasang iklan Google AdMob di aplikasi cukup mudah, Anda cukup memasukan id berserta script iklan ke dalam aplikasi. Memang harus di akui, untuk bermain Google AdMob Anda juga di tuntut harus mengerti sedikit tentang coding Aplikasi Anda, karena ada beberapa script yang harus di sisipkan ke dalam aplikasi Anda. Namun jika aplikasi Anda di dapat dengan cara membeli, biasanya developer sudah menyiapkan variable-variable berjenis string/text yang sudah siap modifikasi, jadi Anda cukup mengisi atau mengganti isi dari variable-variable tersebut dengan id iklan Anda.

Belajar Google AdMob tidak sesulit belajar Google AdSense, Google AdMob tidak mengenal SEO, link building atau lainnya. Anda hanya perlu melakukan strategi promosi agar aplikasi Android Anda banyak yang download, namun di sisi lain tidak semuanya menjadi mudah jika Anda baru pertama kali belajar hal baru.


Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form