Memanfaatkan Media Pemasaran Online

Secara harfiah, kata media memiliki arti perantara atau pendahuluan, yaitu perantara sumber pesan dan penerima pesan. Dengan kata lain media merupakan alat atau sarana yang digunakan seseorang untuk menyampaikan suatu pesan dari komunikator kepada publik. Dalam bidang penjualan barang maupun jasa sangat dibutuhkan kegiatan promosi.

Kegiatan Promosi  dapat dilakukan secara langsung atau melalui media promosi. Media promosi adalah sarana yang digunakan dalam mendukung kegiatan promosi dan pengenalan produk atau jasa kepada masyarakat. Promosi adalah suatu kegiatan dalam bidang pemasaran yang merupakan suatu komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan kepada pembeli atau konsumen.

Promosi sebuah produk atau jasa kini semakin maju dan mudah dilakukan semenjak populernya sosial media. Semenjak kehadiran media sosial untuk promosi, promosi bisnis tidak lagi dilakukan via radio, media cetak atau televisi. Saat ini dapat disebut era digital dimana media online merupakan wadah yang populer dimanfaatkan untuk mempromosikan sebuah bisnis.

Hadirnya sosial media yang didukung oleh kekuatan internet saat ini berpotensi mendukung keberhasilan promosi suatu usaha atau produk dengan mudah, cepat dan murah, bahkan tanpa modal sama sekali. Apalagi dengan berbagai sarana beragam internet tools yang ada seperti website, blog, sosial media dan sifatnya yang global, real time dan praktis membuat kegiatan promosi usaha akan lebih maksimal karena jangkauannya yang luas dan hampir tidak terbatas.

Pemasaran online merupakan rangkaian kegiatan pemasaran, mulai dari perencanaan, tindakan, pelayanan hingga pengiriman produk. Sebagian besar aktivitasnya menggunakan internet. Pemasaran online dapat dilakukan melalui media sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp dll. Promosi Media Internet, yaitu kemajuan promosi melalui media elektronik.

Promosi penggunaan media internet dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya pengguna internet saat ini. Perkembangan teknologi mampu mengubah segalanya, tidak terkecuali dalam bidang bisnis. Namun, ini sangat memudahkan untuk memperlancar proses jual beli.

Daftar Media Promosi Untuk Pemasaran Online

1. Facebook

Media sosial satu ini masih menjadi pilihan banyak orang untuk menjalin komunikasi dengan rekan dan keluarga. Keberadaan mereka menjadi salah satu alasan mengapa Facebook menjadi media sosial yang banyak dijadikan media promosi online selain di situs bisnis.

Penggunaan Facebook sebagai media promosi pun diakui relatif mudah oleh para pemain bisnis online bahkan tidak sedikit dari para pebisnis yang sudah memiliki toko fisik pun memanfaatkan Facebook sebagai media promosi produk.

Tidak jarang juga bisnis yang sukses bermula dari mengenalkan produk mereka melalui Facebook. Bagaimana cara agar promosi melalui Facebook cukup sukses? Pertama, pastikan halaman utama Facebook kamu menarik konsumen karena hal ini akan menjadi daya tarik yang membuat calon konsumen memberikan Like.

Like inilah yang menjadi langkah kedua yang harus didapatkan sebanyak mungkin. Ketiga, jangan lupa untuk mengenali target pelanggan dengan mencari orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan halaman Facebook. Terakhir, fokuslah untuk membuat konten yang menarik.

2. Twitter

Selain Facebook, Twitter juga menjadi salah satu media sosial online yang banyak digunakan sebagai media bisnis online. Meski awalnya hanya didesain untuk bisa berbagai status yang terkenal dengan maksimal 160 karakter, kini Twitter mampu menjadi media yang cukup ampuh untuk memasarkan produk. Media ini dinilai mudah dijangkau oleh pelanggan toko online manapun karena dengan ponsel cerdas (smartphone)  masyarakat dapat dengan mudah mengakses microweb satu ini.

Beberapa cara untuk memaksimalkan promosi dan pemasaran produk melalui Twitter adalah dengan memperbanyak jumlah follower, mengirimkan tweet secara teratur, mempromosikan situs secara teratur, menentukan waktu posting tweet, menyewa buzzer untuk meningkatkan promosi, atau dengan saling promo akun twitter bisnis online lainnya.

3. Instagram

Nampaknya media sosial satu ini sekarang sedang menjadi primadona media bisnis online. Selain karena bisa menampakkan foto produk juga karena caption yang bisa ditulis dengan lebih panjang dibandingkan Twitter. Instagram juga mudah diakses dari ponsel cerdas dan sedang menjadi media sosial pendongkrak eksistensi paling tinggi di kalangan anak muda.

Inilah kesempatan bagi kamu untuk mempromosikan produk dan bisnis dengan mudah karena calon konsumen pun lebih banyak berkumpul di media sosial ini. Hashtag adalah salah satu kekuatan promosi yang luar biasa jika kamu menggunakan Instagram sebagai media bisnis.

Selain itu, aktif berinteraksi dengan para pelanggan juga menjadi salah satu trik yang bisa membuat pelanggan menaruh perhatian lebih pada bisnis.

4. TikTok

Selain untuk media hiburan seperti dance, tapi kian kemari TikTok semakin mengembangkan sayapnya ke ranah bisnis. TikTok melengkapi berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan para pebisnis untuk mempromosikan jualannya. Plusnya lagi, jika kamu menggunakan TikTok, bisnis yang kamu jalankan bisa cepat dikenal banyak orang karena pengguna TikTok yang banyak.

5. Telegram 

Media chatting selain WhatsApp yang kini bisa kamu gunakan untuk promosi ialah telegram. Meski aplikasi ini sudah lama muncul, akan tetapi telegram booming ketika ada kabar WhatsApp ingin dihapus. Meski begitu, sekarang ini WA dan Telegram jalan beriringan.

Dengan telegram kamu bisa membuat grup bisnis kamu dengan mengumpulkan reseller dari berbagai daerah. Di grup tersebut, kamu tinggal menginformasikan promo hingga produk terbaru.

6. Google+

Media sosial pesaing Facebook yang bisa menjadi media promosi dan pemasaran online kamu adalah Google+. Dengan menggunakan akun ini, banyak pebisnis yang akhirnya mampu mempromosikan bisnis online mereka. Tahukah kamu jika Youtube ternyata merupakan produk Google yang kini juga tidak kalah ramai digunakan sebagai media promosi online?

Beberapa cara mudah untuk memaksimalkan penggunaan Google+ sebagai media bisnis online kamu adalah dengan menyaring dan mengatur Gmail dengan Google+ Circles, membuat interaksi dengan Hangouts, mengedit dokumen bersama dengan rekan, dan juga merencanakan serta mengatur acara.

7. Market Place

Nah selain menggunakan media sosial seperti yang disebutkan di atas, kamu juga bisa menggunakan situs marketplace seperti Shopee, Tokopedia, OLX.co.id, tokobagus.com, elevenia.com, dan lain-lain. Marketplace ini sangat membantu para pebisnis online untuk memiliki halaman toko mereka sendiri dan melakukan aktivitas promo dan pemasaran produk mereka. 

Tidak jarang para pemilik bisnis yang sudah memiliki toko fisik pun membuat halaman toko mereka di berbagai marketplace guna memperluas jaringan dan mendapatkan lebih banyak konsumen.

8. Blog

Media satu ini memang memiliki kemiripan dengan website secara sekilas namun penggunaan blog hanya sebatas untuk mendukung usaha promosi. Caranya dengan memuat berbagai artikel seputar bisnis dan produk toko online bahkan jika kamu mau memuat berita terbaru mengenai toko online kamu dan menunjukkan prestasi yang sudah diraih.

Untuk semakin mengoptimalkan penggunannya, banyak dari pebisnis online yang menggunakan blog juga menggunakan teknik SEO guna semakin menarik lebih banyak pelanggan.

9. Email Marketing

Email marketing dianggap sebagai metode kuno di antara media online lainnya namun jangan remehkan kekuatan media satu ini. Email marketing dikenal memiliki kekuatan yang cukup besar untuk melakukan promosi secara online karena ini merupakan sumber besar untuk mengirimkan berita promosi hingga penawaran produk terbaru pada para pelanggan.

10. Youtube

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form