- Informasi Kinerja Situs Bagaimana cara kita agar bisa melihat secepat apa loading dari situs yang kita miliki? Nah salah satu caranya adalah dengan menggunakan Google Lab’s dari Webmaster Tool. Dengan menggunakan Google Lab’s kalian akan ditunjukkan seberapa cepat situs ketika diakses dibandingkan dengan situs lainnya. Kamu bisa melihat dari grafik history kecepatan.
- Konfigurasi Blog Fungsinya adalah untuk mengatur target geografis blog sesuai dengan tujuan, URL parameter, perubahan alamat, pengaturan pengguna Google Webmaster Tool dan lainnya.
- Informasi Aktivitas Situs, seperti berikut : Melihat URL aja saja yang sudah di index oleh Google Melihat link yang lebih banyak di klik oleh pengunjung Melihat grafik kesalahan Crawl, kesalahan server dan juga kesalahan URL Melihat kesalahan Crawl oleh Google, kesalahan server dan juga kesalahan URL
Untuk Anda yang menginginkan masuk dihalaman pertama pencarian Google, cara ini belum bisa maksimal, karena persaingan dihalam pertama Google tergolong berat. Anda harus mempelajari teknik SEO Website agar bisa meningkatkan peringkat website dihalaman pertama pencarian Google. Jika sudah dikombinasikan keduanya, maka untuk mendapatkan halaman pertama Googlebukanlah hal yang sulit.
Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google
Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mempercepat index website:
Pastikan sudah mendaftarkan website di Google Webmaster (Console)
Alasan kenapa harus mendaftarkan artikel pada Google Webmaster adalah karena Google sekarang ini menjadi penyumbang traffic terbesar dari Internet. Untuk bisa cepat terindeks Anda harus sesegera mungkin mendaftarkan website di Webmaster agar dikenali Google. Tool ini bersifat gratis, Anda tinggal mendaftar dengan menyiapkan email saja. Untuk cara mendaftar di Google Webmaster silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:
- Silahkan akses ke website Google Search Console.
- Login akun google serach console
- Silahkan login dengan akun email Google yang Anda miliki.
- Jika sudah masuk ke dashboard Console, silahkan pilih ‘Add property’.
- Pilih pada ‘URL Prefix’, lalu masukan URL website dan klik ‘Continue’.
- Ada berbagai pilihan verifikasi yang bisa dipilih, tetapi untuk paling mudah biasanya dengan upload file HTML script dengan ektensi .html ke server hosting atau memasukan HTML Tag tambahan pada template website setelah <head>.
- Jika sudah silahkan klik ‘Verify’ dan tunggu sampai berhasil.
- Agar website cepat terindex oleh Google, setiap posting artikel baru silahkan copy URL dan masukan di kolom submit pada bagian atas.
- Klik enter dan pilih ‘Request Indexing’, tunggu hingga proses selesai.
- Untuk mengecek artikel sudah terindex atau belum silahkan buka Google Search, paste-kan URL artikel tadi kolom pencarian Google, jika sudah muncul berarti artikel Anda sudah terindex Google.
Jika Anda sudah mendaftarkan website ke Google Console dengan benar, tidak butuh waktu yang lama untuk artikel bisa diindex oleh Google. Dalam hitungan menit pun sudah bisa tampil dihalaman pencarian Google.
Menambahkan Sitemap Website
Sitemap atau bisa juga disebut peta situs ini memiliki fungsi untuk memudahkan robot crawler spider Google untuk melakukan index pada website. Ada beberapa sitemap yang perlu Anda submit ke Search Console diantaranya author, category, post, page dan tag. Berikut cara membuat sitemap website:
- Langkah pertama silahkan login dulu akun Search Console atau Webmaster.
- Jika sudah sampai pada dashboard Console, silahkan scroll ke bagian tengah dan pilih menu ‘Sitemap’.
- Silahkan masukan ‘URL Sitemap’ pada website dan lakukan verifikasi hingga berhasil. Jika Anda menggunakan plugin SEO WordPress seperti Yoast SEO, sitemap ini sudah ada tinggal submit URL saja ke halaman Console.
- Pastikan semua sudah disubmit dan statusnya sukses.
Langkah Setelah Terindex
Banyak yang beranggapan bahwa setelah artikel terindex di Google prosesnya sudah selesai. Ini hanya proses awalnya saja, setelah ini Anda harus melakukan optimasi website agar bisa bersaing dihalaman pertama pencarian Google dengan teknik SEO. Ada banyak metric yang harus diperhatikan mulai dari riset keyword, navigasi website, kualitas konten, internal link, external link dan kecepatan website.