Manfaat Google Ads

Iklan online memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan terhadap orang yang kemungkinan berminat dengan produk dan layanan Anda. Anda juga bisa melacak siapa pengklik Iklan Anda dan mampu menjangkau calon pelanggan di beragam perangkat.

Para marketer dihadapkan pada beragam platform untuk menunjang kegiatan content marketing yang dijalankan. Tujuan khususnya bisa bermacam-macam, dari mulai menarik arus pengunjung ke situs perusahaan, hingga meningkatkan penghasilan bisnis. Dan salah satu tool yang sering digunakan untuk mendukung apapun tujuan pemasaran digital yang disasar adalah Google Ads.

Apa itu Google Ads?

Merujuk pada definisi dari Google sendiri, Adwords adalah program periklanan yang memungkinkan Anda (sebagai pengiklan) untuk memunculkan informasi dan tautan ke situs Anda pada laman hasil pencarian di Google. Contohnya, seperti pada gambar di bawah ini:


Manfaat Google Ads

Menurut berbagai sumber, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari beriklan di Google Ads.

Menarik minat kelompok audiens dengan ketertarikan yang spesifik

Program iklan ini cukup bisa diandalkan untuk menarik prospek (leads) yang potensial menjadi konsumen Anda. Karena, jika kita mengatur perencanaan dan eksekusi campaign dengan tepat di Google Ads, kita akan mendapatkan reaksi yang diharapkan dari sasaran audiens.

Salah satu caranya adalah penentuan keyword yang spesifik, membuat orang yang mengklik iklan tersebut, berpeluang besar, memang membutuhkan jasa atau produk yang ditawarkan. Contohnya, seperti jika ada yang mencari keyword "jas hujan bahan parasut", kemungkinan besar ia memang sedang mencari barang tersebut. Untuk itu, begini tampilan Google Ads yang muncul:

Memahami Google Ads dan Manfaatnya untuk Mendukung Pemasaran

Maka itu terus optimalkan dan tentukan keyword yang ingin Anda gunakan untuk memunculkan iklan Anda di Google. Dengan demikian peluang Anda menarik kelompok audiens yang tepat pun lebih besar.

Program periklanan yang fleksibel

Selain itu, program ini juga bisa mulai digunakan oleh pebisnis rintisan (startup), sampai perusahaan berkembang maupun besar. Alasannya, Google Ads kompatibel dengan berbagai platform pemasaran lain, atau software yang biasa kita gunakan untuk pekerjaan sehari-hari. Misal, kita bisa mengunduh data campaign yang dijalankan, dan menganalisanya dengan Microsoft Excel.

Fleksibilitas layanan ini juga dari sisi biaya, karena kita bisa mengelola budget iklan dalam hitungan hari, juga bisa membatasi jumlah yang mau dikeluarkan pada satu keyword spesifik. Dengan demikian arus pengeluaran lebih mudah dikendalikan, dan bisa kita kelola untuk mencapai hasil maksimal dan efisien, dan tentunya mencapai tujuan pemasaran yang diharapkan.

Mudah memperhitungkan Return On Investment (ROI) dan mengoptimalkannya dari waktu ke waktu

Mencapai ROI semaksimal mungkin selalu jadi salah satu tantangan utama dalam hal digital marketing. Namun dengan presentasi data di Google Ads, yang mudah ditelaah dan diolah untuk bisa kita kembangkan seiring waktu, dan mencapai tujuan pemasaran; ROI maksimal, relatif lebih mudah tercapai.

Untuk itu pantau terus dan tingkatkan percobaan untuk mendapatkan hasil paling optimal. Amati campaign yang mana paling mencatat ROI bagus, dan hentikan atau hapus campaign yang kita perhitungkan kurang menguntungkan. Dengan demikian budget yang dialokasikan lebih efisien dan bisa digunakan untuk campaign berikutnya.

Lebih mudah memahami sasaran audiens yang dihadapi

Data, tak diragukan lagi, adalah salah satu elemen penting dalam kegiatan marketing. Termasuk tentunya, data tentang konsumen yang kita sasar. Makin kita memahami apa yang mereka inginkan, atau butuhkan, makin tepat pula kita menentukan pesan yang ingin kita sampaikan dan bisa mempengaruhi daya beli mereka.

Soal informasi tentang minat audiens ini, bisa saja kita jaring datanya dari kuesioner atau interview. Persoalannya, proses itu bisa memakan waktu lama; belum lagi upaya yang dibutuhkan untuk mengolah dan memahami informasinya.

Sementara dengan Google Ads, kita bisa dengan mudah memetakan kebiasaan audiens yang disasar. Proses optimalisasi dari keyword yang kita tentukan bisa mendeteksi lokasi, waktu yang paling sering mereka gunakan untuk mengonsumsi konten, sampai berbagai informasi berharga lain tentang calon konsumen yang bisa membantu kita memaksimalkan kegiatan pemasaran digital.

Dengan informasi tersebut, kita bisa terus membuat campaign yang lebih baik dan sesuai kebutuhan konsumen. Lagi-lagi, dana pun keluar secara efektif dan efisien, untuk terkoneksi dengan audiens yang memang membutuhkan produk atau jasa yang kita tawarkan.


Cara Daftar Google Ads (Cara Pertama)

Terdapat beberapa cara daftar Google Ads. Berikut kami sediakan dua cara yang bisa Anda lakukan untuk daftar Google Ads.

Untuk dapat beriklan di Google, Anda harus memiliki akun Google terlebih dahulu untuk bisnis Anda. Jika saat ini, Anda belum memiliki akun tersebut, Anda dapat membuatnya terlebih dahulu dengan mengikuti panduan Google.

Selanjutnya, Anda dapat mengikuti cara daftar Google Ads berikut.

Langkah 1: Buka Google Ads

Pertama, silakan kunjungi halaman Google Ads dan pilih “memulai”.

Langkah 2: Tetapkan tujuan atau sasaran

Setelah Anda membuka halaman Google Ads, silakan pilih menu “Mulai Sekarang”. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih tujuan atau goal dari iklan yang akan dijalankan. Hal ini dibutuhkan oleh Google untuk memahami jenis pemirsa yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

Di sini, ada berbagai tujuan yang dapat Anda pilih. Silakan pilih salah satu yang paling sesuai dengan bisnis Anda.

cara daftar google ads

Pada contoh kali ini, kami memilih opsi untuk mendapatkan lebih banyak penjualan. Jika sudah, silakan tekan “berikutnya”

Langkah 3: Isi nama bisnis

Pada halaman ini, silakan isi nama bisnis atau perusahaan Anda. Kemudian tekan “berikutnya” dan isi alamat atau URL website perusahaan.

Langkah 4:  Tuliskan isi iklan

Langkah selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk menulis pesan iklan yang akan ditampilkan. Isi judul, deskripsi, serta nomor telepon yang dapat dihubungi di dalam iklan yang Anda buat.

Langkah 5: Isi kata kunci yang relevan

Setelah Anda mengisi iklan, Google akan merekomendasikan beberapa kata kunci atau keyword relevan dengan bisnis Anda. Silakan pilih kata kunci yang Anda anggap paling sesuai dengan produk, layanan, atau bisnis Anda. 

Langkah 6: Pilih lokasi target audiens

Pada halaman berikutnya, Anda dapat memilih tempat yang Anda inginkan untuk menargetkan iklan Anda. Di sini, Anda dapat memilih agar iklan ditampilkan kepada audiens dengan lokasi yang dekat dengan alamat bisnis Anda, atau memilih lokasi berdasarkan wilayah, kota, serta kode pos.

cara daftar Google ads

Langkah 7: Tetapkan anggaran iklan

Di sini Anda dapat menetapkan anggaran iklan yang akan dikeluarkan. Silakan pilih opsi anggaran yang paling sesuai dengan dana yang tersedia untuk iklan. Selanjutnya, silakan klik “berikutnya”, kemudian tinjau kembali iklan Anda.

Apabila sudah sesuai, silakan klik “berikutnya”

Langkah 8: Konfirmasi info pembayaran

Pada bagian ini, silakan isi semua informasi terkait billing dan kode promosi yang mungkin Anda miliki untuk memperoleh diskon. Apabila semua data yang dibutuhkan sudah terisi dengan benar, Anda dapat menekan tombol “Kirim”.

Pada tahap ini, Anda baru saja selesi membuat iklan Google pertama.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form