Digitalisasi, Toko Online UMKM


Digitalisasi adalah harapan baru bagi UMKM. Hampir 80 persen masyarakat  memiliki Handphone. Bagaimana memanfaatkan supaya memiliki nilai ekonomi. Sudah saatnya UMKM  Go Digital. Sehebat dan sekeren apapun produk yang diciptakan kalau tidak memanfaatkan teknologi yang ada maka semua akan sia-sia. Bahkan digitalisasi ini sebagai peluang untuk memperkaya wawasan, termasuk ilmu tentang marketing, promosi, menarik langganan dan lain-lain. UMKM akan lebih produktif. Sehingga, akan berpengaruh juga pada penurunan angka kemiskinan dan pengangguran.

Penerapan digitalisasi yang terintegrasi di seluruh kegiatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)  merupakan suatu keharusan bagi pelakunya. Keharusan ini seiring dengan perkembangan era digital yang terus maju. Pemanfaatan internet tidak terbatas pada proses menyerap berbagai informasi semata, digitalisasi pada kegiatan bernilai ekonomis perlu dapat perhatian dari Dunia Kampus dan Dunia Pendidikan tidak hanya perhatian pemerintah saja.

Pentingnya Website Toko Online bagi UMKM

Di era transformasi digital yang serba praktis seperti saat ini, pelaku UMKM memang dituntut untuk menyesuaikan perkembangan teknologi dalam hal memperluas jangkauan pasar dan mempromosikan produk secara lebih terarah kepada konsumennya.

Salah satu penunjang utama keberhasilan bisnis bagi pelaku UMKM adalah membangun branding produknya secara eksklusif melalui website. Banyak pelaku UMKM yang berhasil membangun produknya hingga dikenal lebih luas di masyarakat melalui website.

Pelaku UMKM yang memiliki website sendiri juga akan terlihat lebih profesional dan lebih cepat dikenal oleh masyarakat.

Karena keberadaan website diakui sangat efektif untuk memberikan nilai lebih bagi pelaku UMKM di mata masyarakat sebagai konsumennya.

Terlebih, berdasarkan hasil survei Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) dalam Profil Internet di Indonesia tahun 2022 menunjukkan jika terdapat sebanyak 210 juta pengguna internet yang memanfaatkan internet untuk berbagai kebutuhan seperti berbelanja online hingga mencari informasi.

Peluang ini tentu amat menjanjikan bagi para pelaku UMKM untuk memperluas pangsa pasarnya dengan naik kelas melalui go digital yang lebih mengedepankan teknologi sebagai sarana untuk mengoptimalkan potensi keuntungan yang lebih besar.

Cara Membuat Toko Online dengan Blog

Apa yang Dibutuhkan untuk Bisnis Toko Online?

1. Anda harus mempunyai produk atau jasa untuk dipromosikan dan dijual.

2. Membuat web atau blog toko online untuk memajang produk yang Anda jual.
3. Promosi! Offline dan Online. Offline, bisa bikin kartu nama, brosur, spanduk, iklan di radio,     iklan di koran, majalah, dll.
4. Optimalisasi SEO  Blog Anda! Cari template yang SEO Ready dan Fast Loading.  
5. Berdoa. Ini senjata terampuh setelah ada ikhtiar. 

Berikut ini langkah-langkah membuat toko online dengan blogger:

1. Buka www.blogger.com
2. Buat sebuah blog -- Create a blog.
3. Ganti atau ubah tampilan dengan Template Toko Online.

4. Download template toko online yang sesuai dengan selera dan sekiranya cocok dengan          jenis produk bisnis Anda.

5. Buka dashboard blog Anda dan klik "Template"

6. Klik "Restore/Backup" (Cadangkan/Pulihkan) di kanan atas layar komputer Anda.

7. Klik "Browse" dan masukkan file template blog toko online hasil ekstrak tadi. 

Contoh dibayah toko online menggunakan Vio Toko



8. Klik "Upload"!

Selamat, kini Anda sudah berhasil membuat blog toko online! Tinggal isi dengan produk atau jasa Anda.


Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form