Pantai Watulawang Gunungkidul Yogyakarta

 

Pantai Watulawang juga tidak kalah menarik dari pantai yang lebih dahulu eksis. Barisan pantai yang memadati tepian selatan Gunungkidul memang selalu eksotis. Penawaran yang ada di pantai ini tentu pasir putihnya. Selain itu pantai ini juga berada dibalik bukit. Lokasinya berada di antara dua pantai eksis yakni Pantai Indrayanti di sebelah baratnya dan juga Pantai Pok Tunggal yang berada di timur pantai Watulawang ini.



Sebenarnya asal nama dari pantai watulawang adalah pintu batu, watu (batu) dan lawang (pintu) dikarenakan di pantai ini terdapat goa watulawang di depan goa tersebut terdapat batu yang bentuknya seperti pintu sehingga pantai ini disebut dengan pantai watulawang, namun wisatawan lebih mengenal pantai ini karena gardu pandang yang terdapat diatas batu karang.





Rupanya alasan penyebutan Watulawang karena pantai ini terdapt dua goa batu yang digunakan masyarakat sekitar untuk upacara adat sadranan atau juga biasa disebut sebagai upacara Nyadran. Upcara Nyadran adalah upacara adat yang dilaksanakan pada bulan Sya’ban dalam kalender Hijrian atau kalender Islam).




Dan pintu batu tersebut hanya terbuka dan bisa dimasuki oleh orang banyak pada saat upacara nyadran tersebut. Bukan masyarakat Jawa kalau tidak mengenal banyak mitos maupun legenda yang ada dibaliknya.

Lokasi Pantai Watulawang

Pantai watulawang terletak di kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Jarak dari pusat kota jogja sekitar 66 km dan bisa ditempuh dalam waktu 2 jam dengan kendaraan pribadi. Gampangnya anda bisa mengikuti jalur ke pantai Indrayanti, setelah itu ketimur sedikit sekitar 600-800 meter anda akan menemukan plang menuju pantai Watulawang.

Suasana Pantai

Suasana pantai ini masih tergolong sepi, dan banyak terdapat karang-karang besar di bibir pantai, bisa anda gunakan untuk foto-foto dengan teman, pacar, atau keluarga. Pasir pantai termasuk luas dengan warna putih kecokelatan, khas pasir pantai selatan jogja.

Fasilitas Pantai Watulawang

Fasilitas yang terdapat di pantai watulawang sudah lumayan lengkap, seperti kamar mandi untuk bilas, warung makanan dan minuman, tempat parkir hingga tempat-tempat berteduh sudah disediakan pengelola dan warga.


 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form