Peluang Digitalpreneur Indonesia

Berdasarkan etimologi apa itu Digitalpreneur yaitu terdiri dari kata digital dan entrepreneur. Pengertian digital dalam arti luas adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan angka atau digit.




Sedangkan pengertian digital dalam arti sempit yaitu suatu teknologi yang mana mempunyai output berupa angka. Digital sendiri merupakan lawan kata dari analog. Untuk analog menggunakan jarum sebagai penunjuk hasil.

Sedangkan digital menggunakan analisis yang berupa angka dalam perhitungan ataupun penomoran. Tetapi pengertian digital dalam digitalpreneur mengarah pada dunia internet,

Sementara arti dari entrepreneur / wirausaha adalah seorang yang mempunyai keberanian besar untuk memanfaatkan peluang dan kreatifitas menjadi ladang usaha bisnis. Dari pengertian tersebut, entrepreneur merujuk pada profesi pedagang dan investor. Sedangkan untuk pengertian dari digitalpreneur adalah seorang yang melihat peluang bisnis di dalam dunia internet sebagai target pasar utama.

Sebagian besar aktivitas bisnis dilakukan melalui internet, mulai dari melakukan penawaran hingga penjualan.  Digitalpreneur itu profesi yang menjanjikan. Mengapa demikian? Seperti yang diketahui bahwa berbisnis online di era digital saat ini merupakan salah satu alternatif promosi produk, yang dilakukan secara modern.

Dimana, para pelaku usaha tak perlu keahlian dalam bidang informatika khusus, cukup dengan gadget, laptop ataupun peralatan informasi modern yang memadai.

Dikatakan mudah karena saat ini modal awal untuk membeli handphone yang sudah dapat mengakses internet dengan harga satu jutaan rupiah saja, mahal atau tidaknya itu tergantung dengan kecanggihan handphone itu sendiri.

Beberapa aplikasi promosi yang dapat anda gunakan adalah Facebook, Instagram, Line, Whatsapp dan lain sebagainya. Bermodalkan kuota yang masih dapat dikatakan hemat di kantong.

Peluang Bisnis Digital

Adapun bisnis online yang menjanjikan bagi sebagian kalangan masyarakat seperti membuka toko online, ini dapat dilakukan tanpa harus menyewa tempat atau ruko untuk berjualan. Jelas akan lebih menghemat pengeluaran modal pribadi.

Hal awal mungkin bisa dengan menjadi reseller dari produk lain yang sudah memiliki merk atau nama dagang sudah terkenal.

Reseller dan dropshiper adalah suatu cara pemasaran yang sangat mudah dilakukan sebagian orang terutama seseorang yang memiliki kemampuan dibidang komunikasi. Hanya bermodalkan foto yang diunggah dari produsen asli sehingga kita seakan hanya menjual gambar-gambar yang menarik kepada konsumen.

Jadi, bisnis online yang menjanjikan ini tidak memerlukan stok di rumah dan tidak perlu khawatir untuk rugi jika barang tidak laku. Kecanggihan teknologi ini menjadi faktor pendukung yang signifikan, karena dari tahun ketahun teknologi di dunia berkembang dengan pesat.

Ada lagi, seperti menjadi freelance writer. Bisnis sederhana hanya bermodal ide kreatif dan bermodalkan PC untuk mengetik sebuah laman, artikel atau sebuah tulisan yang dibutuhkan oleh orang lain.

Keunggulan dari bisnis freelance yaitu tanpa adanya modal langsung dari pelaku bisnis ini, semakin banyak mendapat tugas tulisan maka pendapatan juga akan semakin banyak.

Modal kemampuan, keahlian menulis dan dapat mengaplikasikan PC sudah menjadi awal yang baik. Ini peluang yang sangat berpotensi untuk anak-anak kuliahan yang sudah memiliki PC/Laptop dan bisa menerima orderan jasa pembuatan artikel yang dibutuhkan.

Keuntungan bagi mereka yang terjun langsung sebagai jasa penulis lepas tersebut yaitu dapat menambah pengetahuan dalam bidang bidang tertentu sesuai dengan apa yang pernah dituliskan. Pada era globalisasi ini semua orang dituntut utnuk menjadi individu yang peka teknologi. Dari bisnis freelance writer ini jika ditekuni dengan maksimal akan menikmati pendapatan yang setara dengan peegawai kantoran yang harus setiap pagi berangkat berkerja.

Digitalpreneur

Dari peluang-peluang yang dijabarkan tersebut, mereka yang menjalankan bisnisnya secara digital boleh disebut sebagai Digitalpreneur. Peran seorang digitalpreneur di era modern seperti saat ini, tentu sangat dibutuhkan.

Dunia internet menjadi salah satu bagian paling penting di dalam kehidupan manusia sekarang ini. Internet memiliki peran yang sangat luar biasa untuk berbagai hal, termasuk dalam dunia bisnis.

Nah, sekarang ini dunia bisnis sangat bergantung pada internet, lalu kemudian berkembang dunia internet marketing. Pengenalan internet marketing ini menjadi hal yang penting, terlebih lagi dalam menjalankan sistem marketing bisnis modern.

Oleh karena itu, menurut saya digitalpreneur berperan dalam perkembangan dunia teknologi, karena menjadi bagian paling penting dalam dunia internet marketing.

Mudahnya akses internet dan didukung dengan teknologi yang baik, maka internet marketing yang dijalankan akan lebih maksimal.

Internet marketing sendiri sebenarnya bukan hanya untuk berjualan, juga bisa menggunakan teknik internet marketing untuk mempromosikan instansi dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Menjadi Digitalpreneur Indonesia yang Sukses ?

Kunci Sukses untuk menjadi seorang digitalpreneur cukup mudah intinya hanya mempertahankan eksistensi usahanya. Inilah bagaimana cara menjadi digitalpreneur sukses.

1. Menguasai dunia internet

Salah satu kunci untuk menjadi digitalpreneur sukses adalah menguasai dunia internet, khususnya media sosial dan situs e-commerce. Dunia internet yang luas dan tanpa batas merupakan peluang yang sangat bagus dalam mengembangkan usaha. Ada berbagai macam media sosial dan situs e-commerce yang ada.

Cara untuk menguasai dunia internet hanya memperluas jaringan akun. Sehingga usahakan untuk mempunyai akun di setiap media sosial dan juga situs e-commerce.

2. Memperluas jaringan bisnis

Dengan menguasai dunia internet, sangat mudah untuk memperluas jaringan bisnis. Caranya hanya dengan melakukan berbagai macam promosi dan penawaran dalam setiap golongan.

Selain itu manfaat pula peluang dalam kerja sama dengan sesama digitalpreneur.

3. Mempunyai strategi yang matang

Untuk mendapatkan hasil bisnis yang memuaskan, harus mempunyai strategi yang baik khususnya dalam promosi.

Selain itu perhatian pula kritik dan saran dari konsumen serta lakukan suatu inovasi yang kreatif.

4. Memperluas wawasan

Dunia yang dinamis memaksakan diri untuk mengendalikan pola pikir sesuai dengan perubahan lingkungan dan menerima berbagai macam masukan. Pikiran pun harus terbuka dengan dunia yang luas.

Dengan pikiran yang luas, membuat cara berpikir yang sangat rasional serta tidak egois dalam mempertahankan pendapat diri sendiri.

Dapat memahami perubahan minat dan selera konsumen. Serta memanfaatkannya sebagai peluang bisnis.

Tips Menjadi Digitalpreneur

Ada beberapa tips yang dapat mengantarkan menjadi seorang digitalpreneur sukses. Inilah tips menjadi Digitalpreneur sukses :

1. Membidik segmen pasar yang tepat

Meskipun dunia internet sangat luas serta memperluas jaringan bisnis juga merupakan langkah yang tepat, tetapi cara tersebut tidak cukup efektif.

Sehingga sebelum untuk memperluas jaringan, pastikan terlebih dahulu jenis konsumen yang memungkinkan untuk membeli produk tersebut.

2. Melihat peluang pasar

Tips ini hanya sekedar mengamati alur jaringan bisnis. Dengan hal tersebut, dapat mengetahui pasar mana yang mempunyai peluang lebih.

Hal tersebut menjadi suatu pintu untuk mengoptimalkan penjualan.

3. Meningkatkan kreatifitas

Kreatif menjadi kunci utama dalam menjadi penyedia jasa digital marketing. Dengan kreatifitas tersebut, produk yang dipasarkan pun mempunyai daya tarik lebih daripada produk lain.

Kreatifitas tersebut dapat memanfaatkan kritik dan saran dari konsumen.

4. Fokus

Menjadi Digitalpreneur harus tetap fokus pada bidang bisnis yang sedang digeluti. Jadi harus dapat mempertahankan konsistensi untuk bertahan di dunia tersebut dalam kondisi apapun.

Jauhkan pada ketertarikan bidang lain dan simpan rasa bosan.

5. Tidak gegabah dalam mengambil langkah

Sebelum memutuskan untuk mengambil keputusan atau melakukan strategi, harus dipertimbangkan dengan seksama atas besarnya peluang dan resiko. Misalnya dalam menentukan harga.

Dengan harga murah mungkin dapat menyita perhatian dengan sangat muda. Namun hal tersebut belum berarti dapat menghasilkan laba yang memuaskan pula.

6. Perlakuan konsumen dengan baik

Sebuah pepatah dalam dunia bisnis tidak hanya berlaku pada bisnis konvensional, namun juga bisnis digital. Oleh karena itu perlakuan setiap konsumen dengan baik dan nyaman.

Kiat-Kiat Menjadi Digitalpreneur Sukses

Kunci utama untuk menjadi digitalpreneur sukses adalah berani menanggung segala resiko yang ada. Sebab pada intinya seorang digitalpreneur atau entrepreneur lainnya harus rela semua waktunya disita.

Dengan kata lain, kerja selama 24 non stop. Setiap saat harus menyempatkan diri untuk merespon konsumen dan update informasi.

Lalu rasa takut gagal atau tidak laku harus dibuang. Sebab hal tersebut hanya dapat menjadikan mental down dan putus asa.

Harus tetap menjaga konsistensi dalam eksistensi marketing digital dalam keadaan apapun.

Resiko tidak laku dan bangkrut bukan merupakan akhir. Namun jadikan hal tersebut sebagai dinamika dalam dunia bisnis serta pengalaman berharga.

Dari hal tersebut dapat menjadi inspirasi untuk berusaha lebih baik.

Jangan pernah fokus untuk menetapkan target penjualan. Jika terlalu fokus pada target penjualan, maka hanya akan memperoleh hasil yang miris. Karena setiap bulan pasti mempunyai hasil yang berbeda.

Hal yang perlu dilakukan adalah fokus pada perluasan pasar. Dengan memperluas pasar, secara tidak langsung akan memperluas peluang dan penghasilan.

Sebaiknya hindari rasa malas dan jenuh untuk hal tersebut. Karena perluasan pasar merupakan strategi efektif bagi digitalpreneur.

Dari semua hal ada, kunci menjadi Digitalpreneur sukses hanya membuka pikiran dan pendapat yang cukup membangun dalam dunia bisnis.

Serta menutup telinga rapat-rapat tentang semua pendapat yang tidak berhubungan dengan dunia bisnis.

Digitalpreneur di Indonesia

Ada beberapa digitalpreneur lokal yang telah memperoleh kesuksesan. Hal tersebut dapat menjadi motivator dan inspirasi untuk selalu berusaha dan tidak mudah putus asa.

Contoh Digitalpreneur di Indonesia adalah founder dari situs e-commerce ticket.com. Mereka adalah Dimas, Wenas, Natalie dan Gaery.

Lalu juga ada founder dari ruang guru,  yaitu Muhammad Iman Usman dan Adamas Belya Syah Devara.

Dari contoh Digitalpreneur lokal tersebut, dapat dibuat suatu kesimpulan untuk memperhatikan kebutuhan masyarakat luas. Lalu merubah hal tersebut menjadi ladang usaha.

Contoh Digitalpreneur

Selain mempunyai ruang bisnis luas, bidang digitalpreneur juga tidak terbatas. Jika entrepreneur konvensional hanya sekedar menjual produk. Untuk digitalpreneur lebih dari itu.

Contoh bidang digitalpreneur seperti vloger, blogger, marketing online, jasa editor online dan lain-lain.

Jurnal Digitalpreneur Terbaru

Jurnal seorang digitalpreneur tidak terbatas dan bukan hanya sekedar tumpukan buku. Namun berbagai macam workshop dari digitalpreneur populer juga menjadi jurnal yang cukup inspiratif.

Itulah kunci dalam menjadi seorang digitalpreneur Indonesia yang sukses. Gunakan dan manfaatkan waktu yang sebaik mungkin untuk merintis karir sebagai digitalpreneur.


Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form